Terapi Bermain Untuk Melatih Konsentrasi Pada Anak yang Mengalami Gangguan Autis - E-JURNAL


Terapi Bermain Untuk Melatih Konsentrasi Pada Anak yang Mengalami Gangguan Autis

ABSTRAK: Pada masa perkembangannya, anak-anak akan menjalani proses belajar yang akan mengarahkan pada pertumbuhan yang sempurna. Namun berbagai kendala menambah menutup kemungkinan menghalangi perkembangan anak. Seperti adanya gangguan autis yang sampai saat ini menjadi salah satu gangguan  yang banyak dialami oleh anak-anak tanpa memandang etnis atau ras. Beberapa kriteria buat yang menunjukkan gejala autis antara lain, adanya gangguan sosial dan emosional, gangguan komunikasi dan terdapat tindakan repetitif. Dalam penelitian ini melibatkan satu subyek yang memenuhi kriteria autis dalam DSM-IV (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder). Metode yang digunakan merupakan observasi dan wawancara. Intervensi dalam penelitian ini dikerjakan dalam 4 sesi. Penelitian ini bertujuan untuk menambah gangguan sosial berupa melatih konsentrasi anak autis melalui terapi bermain. Permainan yang diberikan berupa alat permainan edukasi yang mempunyai manfaat buat melatih konsentrasi anak. Setelah diberikan terapi, terdapat perubahan pada subjek merupakan terjadinya peningkatan konsentrasi.
Kata kunci:  Terapi bermain, konsentrasi, gangguan autis

Kode Jurnal: jppsikoterapidd130013

Terima kasih telah membaca situs kami Terapi Bermain Untuk Melatih Konsentrasi Pada Anak yang Mengalami Gangguan Autis - E-JURNAL. Silahkan bagikan secara beretika.
Sincery Pendidikan Autis
SRC: https://www.e-jurnal.com/2013/09/terapi-bermain-untuk-melatih.html

powered by Blogger News Poster

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terapi Autis Dengan Berkuda | Universitas Gadjah Mada

Terapi Autis dengan Lumba-lumba

Pyratis, Alat Bantu Terapi untuk Anak Autis