Terapi Bermain Untuk Melatih Konsentrasi Pada Anak yang Mengalami Gangguan Autis - E-JURNAL
Terapi Bermain Untuk Melatih Konsentrasi Pada Anak yang Mengalami Gangguan Autis
ABSTRAK: Pada masa perkembangannya,
anak-anak akan menjalani proses belajar yang akan mengarahkan pada pertumbuhan
yang sempurna. Namun berbagai kendala menambah menutup kemungkinan menghalangi
perkembangan anak. Seperti adanya gangguan autis yang sampai saat ini menjadi
salah satu gangguan yang banyak dialami
oleh anak-anak tanpa memandang etnis atau ras. Beberapa kriteria buat yang
menunjukkan gejala autis antara lain, adanya gangguan sosial dan emosional,
gangguan komunikasi dan terdapat tindakan repetitif. Dalam penelitian ini
melibatkan satu subyek yang memenuhi kriteria autis dalam DSM-IV (Diagnostic
and Statistical Manual of Mental Disorder). Metode yang digunakan merupakan observasi
dan wawancara. Intervensi dalam penelitian ini dikerjakan dalam 4 sesi.
Penelitian ini bertujuan untuk menambah gangguan sosial berupa melatih
konsentrasi anak autis melalui terapi bermain. Permainan yang diberikan berupa
alat permainan edukasi yang mempunyai manfaat buat melatih konsentrasi anak.
Setelah diberikan terapi, terdapat perubahan pada subjek merupakan terjadinya
peningkatan konsentrasi.
Kata kunci: Terapi bermain, konsentrasi, gangguan autis
Kode Jurnal: jppsikoterapidd130013
Sincery Pendidikan Autis
SRC: https://www.e-jurnal.com/2013/09/terapi-bermain-untuk-melatih.html
powered by Blogger News Poster
Komentar
Posting Komentar