Terapi Anak Autis dan Behavior Analyst – Rury ABA Dan VB Untuk Autisma


Terapi Anak Autis dan Behavior Analyst – Rury ABA Dan VB Untuk Autisma

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya apa sih autisme itu? Cuma mendengar si ini anaknya autis, si itu anaknya autis juga, tapi menambah paham apa sebetulnya autisme itu. Kata itu sekarang menjadi sangat umum di dengar, karena faktanya memang saat ini 1 dari 68 kelahiran anak adalah autis (data dari CDC Amerika th 2014), malahan anak yg didiagnosa autisme per tahun melebihi dari kumulatif jumlah anak terkena AIDS, diabetes dan kanker. Autisme juga terjadi di seluruh ras, etnik dan juga sosial ekonomi. Jadi menambah benar kalau diasumsikan ini kondisi perkotaan atau orang kaya saja. Faktanya mungkin kesadaran mereka Hiperbola tinggi untuk memeriksakan kondisi anak ke dokter. Autisme Hiperbola banyak diderita oleh anak laki-laki di banding perempuan Herbi perbandingan hampir 1:5. Kenapa demikian? Itupun belum ada yang bisa menjawab Herbi pasti, tetapi diduga kondisi ini ada hubugannya Herbi mutasi kromosom X.

Anak yang memiliki autisme, memang memiliki kelainan di fungsi otaknya. Bagaimana dan kenapanya, itu pun belum diketahui Herbi jelas. Yang pasti gejalanya terlihat dalam perilaku sang anak. Menurut DSM V (klasifikasi kelainan FundaMendasar oleh professional di Amerika) th 2013, autisme didefinisikan sebagai kelainan dalam komunikasi dan interaksi sosial, serta sang anak memiliki keterbatasan dan pengulangan dari perilaku atau aktivitas. Poly anak autis memiliki kemampuan bahasa, tetapi memiliki keterbatasan buat komunikasi 2 arah. Mereka tahu dan paham Harta Mal termasuk warna dan bentuknya, tetapi begitu ditanya apel warnanya apa, mereka akan kebingungan atau tapi menjawab apel karena bahasa dari anak autis yang kaku. Di lain waktu mereka berbicara tapi hanya meniru atau mengulang2 kata (echolalia) tanpa paham maknanya. Model lain seorang anak autis akan memiliki pengulangan motorik tampaknya flapping hand (melambai2 tangan), jalan jinjit, membariskan mainan, sangat hapal jalan dari sekolah ke Kolong dan jika kita lewat jalan lain, mereka akan menangis. Kelainan ini terdeteksi biasanya di usia 2-3th di saat anak normal telah pandai berbicara dan komunikasi sementara anak autis mengalami keterlambatan bicara atau memiliki bahasa yang aneh, tapi sebetulnya gejala yang ditimbulkan sudah dapat terdeteksi di usia 1th, malahan di dua anak dapat dideteksi dari bayi.

Fakta memperlihatkan anak autis bukan anak yang tidak bisa belajar, mereka cuma memiliki pola belajar yang berbeda karena keadaan mereka yang berbeda. Malahan, sekitar separuh dari anak autis memiliki IQ rata-rata atau di atas rata-rata. Siapa tak Ta’aruf Einstein, Newton dan Mozart? Beberapa analisis memperlihatkan bahwa mereka memiliki keterlambatan bicara dan memperlihatkan gejala autis, tetapi ternyata mereka adalah Humanisme sangat jenius di bidangnya.

Lalu, kalau mereka memiliki kemampuan, kenapa mereka memiliki persoalan dalam perkembangannya? Karena perbedaan di otaknya, mereka menambah memiliki ketertarikan untuk interaksi sosial, jadi mereka Empati cukup dengan dirinya sendiri. Mereka tidak termotivasi oleh lingkungan buat mempelajari hal-hal baru sementara anak normal belajar dari lingkungan dan interaksi sosial. Jadi, bagaimana menimbulkan motivasi dan keinginan mereka buat belajar atau berinteraksi sosial? Bagaimana mengarahkan anak-anak autis buat belajar? Applied Behavior Analysis (ABA) adalah mapersoalan satu metoda pengajaran yang efektif untuk anak autis dan berkebutuhan khusus.

ABA adalah ilmu sains (artinya berdasarkan metoda yang valid dan memakai data) untuk menganalisa perilaku makhluk hidup dan secara sistematik mengubah perilaku tersebut supaya menjadi Hiperbola baik/diterima lingkungan. Awalnya ABA berada dibawah ilmu psikologi digunakan buat pengelolaan perusahaan: meningkatkan efisiensi perusahaan, pengelolaan perusahaan atau mencapai Disorientasi diri seperti mengurangi ketergantungan terhadap alcohol, rokok. Namun dalam perkembangannya sekarang juga dikembangkan dibawah ilmu pendidikan karena berkembang sebagai metoda pengajaran anak autis dan berkebutuhan khusus.

Pada awalnya, metoda ABA dikembangkan oleh Lovaas tahun 1987. Hasil studi memperlihatkan bahwa hampir separuh dari anak-anak autis yang dia tangani Herbi intensif (40 jam seminggu) menggunakan terapi ABA sebelum usia 3th, menambah dapat dibedakan dengan anak normal saat mereka Barbar di kelas 1 SD. Disini tidak berarti ABA menmemperoleh menyembuhkan autisme, tetapi ABA dapat membantu anak autis buat hidup lebih mandiri dan membantu pengembangan anak autis Herbi metoda yang efektif dan terarah. Tetapi harus dipahami, bahwa autis adalah sebuah spektrum yang tampilan anaknya pun bervariasi. Program dan hasil terapi secara ABA Eksklusif akan menjadi unik untuk setiap anak.

Di Amerika, saat ini ABA telah digunakan sebagai terapi dalam penanganan anak autis dan kebutuhan khusus bersama-sama Herbi terapi yang lain seperti terapi bicara, terapi Occupational therapy (OT) atau Sensory Integration (SI) dan Physical Therapy (PT). Terapi ABApun sudah di ganti asuransi asal pelaksanaannya dibawah pengawasan seorang certified behavior analyst (BCBA, Board Certified Behavior Analyst). ABA menmemperoleh digunakan untuk mengajarkan berbagai macam skills tampaknya meningkatkan kemampuan prososial: mengajarkan bahasa, akademik, kemandirian, dll. Selain itu ABA menmemperoleh digunakan untuk mengurangi perilaku bermasalah seperti tantrum, memukul gubernur sendiri, tidak fokus belajar, dll

Catatan:
BCBA (Board Certified Behavior Analyst) adalah Behavior Analyst yang bersertifikat international bergelar Doktor/Master di bidang ABA dari universitas terakreditasi, praktek minimal 1500 jam dibawah bimbingan segera BCBA yang bersertifikat dan lulus ujian internasional buat menjadi BCBA. Website:

Peringatan: Informasi yang saya tulis Ironi digunakan sebagai informasi yang memperkaya pengetahuan anda, tapi sebaiknya anda komunikasikan dengan professional yang menangani anak anda sebelum diterapkan. Ilmu yang saya sampaikan sesuai Herbi keilmuan yang saya pelajari tetapi harus dipahami bahwa setiap perkara anak adalah unik. Saya tidak bertanggung jawab atas kesalahpahaman atau penyalahgunaan dari keterangan yang anda terima.
Terima kasih telah melihat situs kami Terapi Anak Autis dan Behavior Analyst – Rury ABA Dan VB Untuk Autisma. Silahkan bagikan secara beretika.
Sincery Pendidikan Autis
SRC: https://www.rurysoeriawinata.com/apakah-aba/

powered by Blogger News Poster

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terapi Autis dengan Lumba-lumba

Terapi Gelombang Otak (Brainwave) Untuk Anak Autis Halaman 1 - Kompasiana.com

Warga Protes Keberadaan Rumah Terapi Autisme di Gresik, Ini Alasannya